Bimbingan Teknis Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Kerang Pemilu 2024

29 Januari 2024
Administrator
Dibaca 106 Kali
Bimbingan Teknis Kelompok Penyelenggaraan Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Kerang Pemilu  2024

Bimbingan Teknis KPPS Desa Kerang Pemilu 2024 di Kabupaten Paser, Kalimantan Timur

Pada hari Sabtu, 27 Januari 2024, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) serentak  bagi Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Desa Kerang. Bimtek ini bertujuan untuk membekali pengetahuan dan keterampilan anggota KPPS dalam menjalankan tugasnya secara efektif dan profesional dalam Pemilu Serentak 2024.

"Bimtek ini merupakan sarana untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota KPPS," kata Suci Ramadhani. "Saya berharap, setelah mengikuti bimtek ini, anggota KPPS dapat melaksanakan tugasnya dengan baik dan profesional."

Bimtek ini diikuti oleh 77 anggota KPPS untuk 11 TPS di Desa Kerang. Bimtek dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi pertama membahas tentang regulasi Pemilu dan sesi kedua membahas tentang teknis pemungutan suara.

Pada sesi pertama, Penyampaikan materi tentang Undang-Undang Nomor 66 Tahun 2024 tentang Pedoman Teknis Pelaksanaan Pemugutan dan Perhitungan suara dalam pemilihan Umum.

Pada sesi kedua, narasumber dari PPk Batu Engau  menyampaikan materi tentang teknis pemungutan suara, termasuk tata cara pendaftaran pemilih, penyusunan daftar pemilih tetap, pendistribusian logistik, dan penghitungan suara.

Para peserta bimtek terlihat antusias mengikuti kegiatan ini. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan narasumber.

"Saya sangat senang mengikuti bimtek, dikarnakan bukan hanya materinya yang dapat kami pahami,dengan baik tapi konsumsinya snack box yang enak dan makan siang kami daging rendang" kata salah satu peserta bimtek, Nurul. "Materi yang disampaikan sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya untuk melaksanakan tugas pada saat pemungutan suara pada tanggal 14 febuari 2024."

 

Kegiatan bimtek ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan anggota KPPS Desa Kerang dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian, diharapkan pelaksanaan Pemilu Serentak 2024 di Desa Kerang dapat berjalan dengan lancar, aman, dan demokratis.