Inspektorat Kabupaten Paser Temukan Penyaluran BLT DD di Desa Kerang Tepat Sasaran dan Akuntabel

15 Januari 2024
Administrator
Dibaca 166 Kali
Inspektorat Kabupaten Paser Temukan Penyaluran BLT DD di Desa Kerang Tepat Sasaran dan Akuntabel

Kerang, 15 Januari 2024 - Inspektorat Kabupaten Paser telah melakukan pengawasan terhadap penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) Tahun 2023 pada Desa Kerang, Kecamatan Batu Engau. Hasil pengawasan tersebut menunjukkan bahwa penyaluran BLT DD di Desa Kerang telah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berdasarkan hasil pengawasan tersebut, Inspektorat menemukan bahwa:

  • Semua keluarga penerima manfaat (KPM) BLT DD di Desa Kerang memenuhi persyaratan penerima BLT DD.
  • Tidak ada KPM yang menerima BLT DD lebih dari satu kali.
  • Jumlah anggota keluarga pada setiap KPM telah sesuai dengan data kependudukan.

Selain itu, Inspektorat juga menemukan bahwa penyaluran BLT DD di Desa Kerang telah transparan dan akuntabel. Hal ini terlihat dari tersedianya data penerima BLT DD yang dapat diakses oleh masyarakat.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut, Inspektorat Kabupaten Paser menyimpulkan bahwa penyaluran BLT DD di Desa Kerang telah tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat.

Kepala Inspektorat Kabupaten Paser, Drs. H. Muhammad Nasir, M.Si., mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan pengawasan terhadap penyaluran BLT DD di seluruh desa di Kabupaten Paser. Inspektorat akan menindak tegas setiap pihak yang melakukan penyelewengan BLT DD.

"Kami akan terus mengawasi penyaluran BLT DD agar tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Nasir.

Penyelewengan BLT DD merupakan tindakan yang melanggar hukum dan merugikan masyarakat. Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam mengawasi penyaluran BLT DD di desa masing-masing. Jika menemukan indikasi penyelewengan, masyarakat dapat melaporkannya kepada pihak yang berwenang.

Komentar:

Hasil pengawasan Inspektorat Kabupaten Paser terhadap penyaluran BLT DD di Desa Kerang merupakan kabar yang menggembirakan. Hal ini menunjukkan bahwa penyaluran BLT DD di Desa Kerang telah berjalan dengan baik dan tepat sasaran.

Penyaluran BLT DD yang tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat merupakan hal yang penting. BLT DD merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan. Dengan penyaluran BLT DD yang tepat sasaran, diharapkan program ini dapat memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat.

Masyarakat diharapkan dapat berperan aktif dalam mengawasi penyaluran BLT DD di desa masing-masing. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah terjadinya penyelewengan BLT DD.