Edukasi Kehamilan dan Parenting di Desa Kerang

31 Januari 2024
Administrator
Dibaca 132 Kali
 Edukasi Kehamilan dan Parenting di Desa Kerang

Edukasi Kehamilan dan Parenting di Desa Kerang

Pada hari Rabu, 31 Januari 2024, Bidan Sumartila A.Md.Keb dan Bidan Nora Yuni Intasari A.Md.Keb memberikan edukasi tentang kehamilan dan parenting kepada ibu hamil di Desa Kerang, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser. Edukasi ini dihadiri oleh ibu hamil di Desa Kerang.

Pada awal edukasi, Bidan Sumartila menjelaskan tentang tanda-tanda kehamilan. Tanda-tanda kehamilan yang paling umum adalah terlambat haid, mual dan muntah, sering buang air kecil, kelelahan, dan perubahan pada payudara.

Bidan Nora kemudian menjelaskan tentang perubahan hormon tubuh pada kehamilan. Selama kehamilan, tubuh ibu akan mengalami perubahan hormon yang signifikan. Perubahan hormon ini dapat menyebabkan berbagai gejala kehamilan, seperti yang telah disebutkan sebelumnya.

Bidan Sumartila dan Bidan Nora juga menjelaskan tentang tanda-tanda awal persalinan. Tanda-tanda awal persalinan antara lain:

  • Kontraksi teratur yang semakin kuat dan sering
  • Pelepasan lendir bercampur darah
  • Pecah ketuban
  • Terjadinya perubahan pada serviks, seperti pembukaan serviks dan pendataran serviks

Bidan Sumartila dan Bidan Nora juga memberikan tips untuk mempersiapkan persalinan, antara lain:

  • Lakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin
  • Ikuti kelas prenatal
  • Berlatih pernapasan dan relaksasi
  • Siapkan perlengkapan persalinan

Edukasi ini disambut dengan antusias oleh para ibu hamil. Mereka banyak bertanya tentang kehamilan dan persalinan. Sekretaris Desa Suci Ramadhani mengatakan bahwa edukasi ini sangat bermanfaat bagi para ibu hamil di Desa Kerang.

“Edukasi ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi lebih memahami tentang kehamilan dan persalinan. Kami juga jadi lebih siap untuk menyambut kelahiran anak kami,” kata Suci.

Edukasi tentang kehamilan dan parenting ini diharapkan dapat membantu para ibu hamil di Desa Kerang untuk menjalani kehamilan dan persalinan dengan lancar dan aman.