Profil Wilayah Desa

12 Januari 2024
Admin Kominfo
Dibaca 105 Kali
Profil Wilayah Desa

 Wilayah Desa Kerang

Desa Kerang termasuk wilayah Kecamatan Batu Engau dengan luas wilayah 22.077,20 Ha. Letak Geografis desa Kerang berada di wilayah Selatan Kabupaten Paser. Keseharian masyarakat Desa Kerang adalah 45% sebagai karyawan perusahaan perkebunan kepala sawit, 43% sebagai petani kebun kelapa sawit, dan sebanyak 12% usaha lainnya.

Jarak tempuh ke Ibukota Kecamatan sejauh 0,5 Kilometer dengan lama tempuh sekitar 5 menit, sedangkan jarak tempuh ke Ibu Kota Kabupaten sejauh 65 kilometer dengan lama tempuh sekitar 120 Menit.

Kondisi Geografis

Desa Kerang merupakan salah satu desa di Kecamatan Batu Engau dengan luas wilayah 21.871,134 Ha. Desa Kerang berada di bagian Selatan dari Ibukota Kabupaten Paser yang berjarak 65 km dari pusat kota Paser.

Dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:

No   Batas   Desa Kerang   Kacamatan
1   Sebelah Utara   Taberu Paser Damai    Pasir Belengkong
2   Sebelah Selatan   Desa Kerang Dayo Pamukan Barat
3   Sebelah Timur   Langgai Laut
4   Sebelah barat   Rantau Atas Muara Samu

Desa Kerang memiliki topografi yang bervariasi, mulai dari dataran rendah hingga perbukitan. Sebagian besar wilayah desa ini merupakan dataran rendah yang subur, cocok untuk pertanian.

Iklim

Desa Kerang beriklim tropis dengan curah hujan yang tinggi, yaitu sekitar 2.500-3.000 milimeter per tahun. Suhu udara di desa ini berkisar antara 23-32 derajat Celcius.